Selasa, 29 November 2011

Budidaya ikan tembakang

Ikan tembakang merupakan ikan asli rawa di indonesia.yang sampai saat ini belum ada yang membudidayakannya secara propesional,tidak seperti ikan-ikan yang lain seperti gurami,nila lele,patin dan lain-lain.Bila dibudidayakan secara tepat guna dapat dibudidayakan.Ikan tembakang pada prinsipnya sangat baik dibudidayakan terutama didaerah-daerah rawa-rawa yang masih banyak bertebaran dipulau sumatera dan kalimantan,sayangnya pengembangan ikan tembakang belum dilirik oleh pemerintah daerah dan pengusaha sebagai alternatif  jenis usaha baru yang menjanjikan, ikan tembakang tersebut dapat dipelihara dengan baik dan dapat beradaptasi pada lahan gambut/air asam bila siklus airnya berganti
Berdasarkan pengalaman yang telah diteliti dan diuji cobakan selama lima tahun...kami telah berhasil mengembangkan dan membudidayakan serta pembesaran maka hasil yang telah diperoleh dan berkesimpulan ikan tembakang dapat dibudidayakan dengan baik.bahkan ikan tembakang dapat dipelihara dan dikembangkan menjadi ikan yang produktif bahkan bila dikembangkan dengan manejeman yang bagus serta pemodalan yang kuat akan menjadi komoditi eksport. ini disebabkan ukuran ikan tembakang mempunyai ukuran rata2 sama dalam usia pemanenan dan ukuran relatif sama,sedangkan pada ikan-ikan konsumsi lain ukuran kadang-kadang berbeda dengan masa waktu yang sama.
Keungulan ikan tembakang dengan ikan konsumsi yang lain..teletak pada pembenihan dan pembibitan yang relatif mudah dikembangkan dan ada keistimewan yang lain bahkan menjadi lebih unggul dari ikan-ikan yang mengenai pakan.
Pakan ikan tembakang sangat minim modal bahkan dapat dilakukan dengan jalan alamiah dengan pemupukan air. Sedangkan pada ikan konsumsi lain padat modal sampai 30% sampai dengan 80% bahkan lebih. Sedangkan ikan tembakang biaya pakan bisa 0%  atau 10% tidak lebih sebagai tambahan nutrisi. 
Ada kekurangan dan ada kelebihan untuk ikan tembakang kendalanya pada masa panen yang panjang berkisar 1 tahun bahkan lebih untuk mendapatkan ukuran yang dikehendaki. Namun kendala ini telah dapat diatasi dengan pola penebaran benih yang tepat guna serta jumlah kolam yang banyak kendala pemanenan dapat diatur berdasarkan jumlah kolam semakin banyak kolam pemanenan dapat dipersingkat.
Walaupun usia panen yang panjang bila dilhat dari modal pakan yang 0% persen berarti ikan tembakan menjadi alternatif yang baik.Bagi pebisnis ikan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar